Hardware

Review Logitech G213 Prodigy

Review Logitech G213 Prodigy 

Review Logitech G213 Prodigy adalah keyboard gaming yang berfokus pada menghadirkan fitur sebanyak mungkin dengan harga yang terjangkau. Ini cukup paket, dengan tombol backlit RGB penuh, kontrol media khusus dan kustomisasi perangkat lunak tanpa akhir.

Namun ada sedikit kendala: ia tidak menggunakan sakelar mekanis. Sebagai gantinya, Anda harus menggunakan sakelar membran yang telah ‘disetel’ oleh Logitech untuk bermain game. Awalnya saya ragu, tetapi setelah menggunakan unit ini selama dua bulan, saya harus mengatakan bahwa saya sangat menyukai G213.

Desain, bangun, dan fitur

G213 adalah keyboard berukuran penuh, dan jelas sedikit di sisi yang tebal. Ini sebagian karena sandaran pergelangan tangan yang tidak dapat dilepas di bagian bawah keyboard. Tetapi bahkan setelah itu, sisa papan mungkin tampak sedikit lebih besar dari yang seharusnya. Jika Anda memiliki meja yang lebih kecil, Anda mungkin ingin melihat sesuatu yang lain.

Terlepas dari ukurannya, saya menemukan bahwa G213 adalah keyboard yang sangat menarik – meskipun bodinya sendiri terbuat dari plastik, yang tidak terasa mewah. Karena itu, G213 Prodigy memang terasa sangat kokoh, dan tentunya menyelesaikan pekerjaan.

Bagian bawah dibuat dari lebih banyak plastik, dan dapat disesuaikan ketinggian sepenuhnya berkat kaki yang terletak di bagian belakang unit. Sayangnya, kabel USB tidak bisa dilepas, tapi dikepang. Juga tidak ada passthrough USB, yang saya yakin akan mengecewakan beberapa pembeli potensial.

Setiap kunci dilengkapi dengan sakelar kunci membran mekanis hibrid, dan masing-masing menampung node pencahayaan RGB di dalamnya. Ini meluas ke tombol media, di mana Anda akan menemukan tombol putar / jeda dan lewati, serta kontrol volume dan tombol ‘permainan’. Tombol berhenti berbentuk aneh, dan hasilnya terlihat agak tidak pada tempatnya.

Fitur mengejutkan yang diterapkan Logitech di sini adalah tingkat ketahanan air. Saya tidak akan menyarankan untuk membawa keyboard ke dalam bak mandi, tetapi perusahaan mengatakan unit tersebut telah diuji untuk bertahan dari tumpahan cairan hingga 60ml.

Performa

Saat Anda membayar lebih dari £ 50 untuk keyboard, wajar untuk mengatakan bahwa Anda mengharapkan unit yang unggul di berbagai skenario permainan. Kabar baiknya adalah apa pun yang saya berikan di G213, saya selalu terkesan dengan kinerjanya.

Aku akan memanggil gajah di kamar dulu. Ini bukan keyboard mekanis – dan, menurut saya, keyboard mekanis lebih baik untuk bermain game. Akibatnya, jika Anda menginginkan keyboard terbaik untuk bermain game maka ini bukan.

Karena itu, tingkat perbedaan antara G213 Prodigy dan apa pun yang dilengkapi dengan sakelar mekanis Cherry MX Red tidak mendekati apa yang saya perkirakan.

Sakelar Mech-Dome jauh lebih unggul dari Microsoft Sidewinder lama saya sebelumnya. Jika Anda melihat keyboard mekanis berukuran penuh dengan tingkat pencahayaan RGB yang sama, Anda akan melihat lebih dari dua kali lipat biaya G213, yang tentunya merupakan bahan pemikiran.

Saya merasa mengetik dan bermain game sangat menyenangkan, dengan tombol yang terasa cukup responsif sehingga saya selalu merasa sangat percaya diri. Sakelar tidak terlalu taktil, dan memang menampilkan sedikit ‘kenyal’ – sesuatu yang selalu Anda dapatkan dengan keyboard kubah karet. Namun demikian, saya telah mengumpulkan lebih dari 100 jam permainan di PUBG, XCOM 2, dan Smite, dan saya tidak pernah merasa perlu meraih sesuatu yang lebih substansial.

Software dan pencahayaan

Di atas segalanya, bagaimanapun, itu adalah opsi penyesuaian ekstensif G213 Prodigy yang membantunya menonjol. Logitech Gaming Software sangat matang pada tahap ini, dan meskipun tidak seluas CUE Corsair, software ini mudah dinavigasi dan memungkinkan banyak fleksibilitas.

Anda dapat menetapkan kembali tombol, membuat makro, dan mengubah pencahayaan RGB untuk memenuhi selera Anda. Pencahayaannya bukan yang paling terang yang pernah saya lihat, tetapi pastinya di atas sana dengan keyboard yang jauh lebih mahal.

Tidak banyak efek yang dapat dipilih dibandingkan dengan saingan utama, tetapi Anda dapat memasangkan G213 dengan game seperti Smite, dan aplikasi seperti Discord. Jika Anda memiliki periferal Logitech lainnya, tentu saja Anda dapat menyinkronkan pencahayaan antar perangkat untuk tampilan yang seragam. Jika Anda ingin mendapatkan informasi menarik dari situs Informasi Seputar Teknologi, maka pastikan selalu berada di sini setiap saat.